Rabu, 29 Desember 2010

in memorian H IDI AHMAD


.aku baru menyadari apa itu arti sebuah penyesalan .ketika ayahku telah pergi .aku juga baru menyadari .apa itu arti kehilangan yang amat dalam
.ayah ku sayang .lahir 59 thn yang lalu .tepatnya pada tanggal 7 maret .aku tidak pernah merayakan ulang tahunnya .aku juga baru tahu akhir2 ini .dan meninggal pada tanggal 29 september 2010 .d usia.a yang k 59 tahun .ayah ku sayang .dari kecil sampai aku beranjak dewasa .aku paling takut dengan ayah ku .tapi d balik semua itu .ada sifat hangat yang slalu aku rasakan .ayah ku sayang .ayah yang terkadang tidak mau mengerti dgn keinginan ku .saat aku membawa pacar pertama ku k rumah .ayah ku hanya terdiam .seakan memberi isyarat .ayah tidak suka .namun ayah pun mengerti .lambat laun ayah sering mengajaku main dengan motor mio nya .sering mengajaku bercanda .dan lambat laun rasa ketakutan yang dulu aku alami .mulai sirna .ayah ku sayang .walaupun memiliki tanggung jawab sebagai ayah .dia pun tak pernah lupa dengan tanggung jawab.a sebagai suami dari ibuku .rasa cinta.a kepada ibuku .slalu dia tunjukan .bahkan terkadang seakan-akan aku tidak ada d antara mereka .sering melakukan kencan .sampai-sampai aku sering d tinggal sendiri d rumah .hahahha .ya allah sayangi lah kedua orang tua ku .ayah ku sayang .aku slalu berebut chanel tv dengan.a .sampai2 aku slalu d buat nangis oleh.a .karna aku ingin melihat flm yang aku sukai [korea] .sedangkan ayah slalu ingin nonton bola .dan sampai2 aku marah besar pada.a .dan kabur dari rumah [maaf kan anak mu yang nakal ini ayah] .ayah ku sayang .meninggal karena kelainan jantung atau bocor jantung .penyakit ini turun temurun .bahkan ayah dari ayah ku pun meninggal d saat umur 60 thn [mungkin kalo d hitung aku pun bisa saja meninggal d umur 58thn] .ayah pun tak pernah tahu dgn penyakit.a ini .yang keluarga tahu ayah hanya mengidap penyakit sesak nafas .dari thn 1991 ayah mulai mengkonsumsi obat2n .mungkin karena efek samping atau apa lah .mengakibatkan ada.a kelainan pada jantung ayah .ayah ku juga sering bolak balik k rumah sakit .karena penyakit sesak nafas.a tu yang slalu memerlukan oksigen atau nebu .sehingga ketika hari terakhir.a pun ia berada d rumah sakit .ayah ku sayang .maaf kan anak mu yang nakal ini .slalu membantah setiap perkata an mu .setiap suruhan mu .setiap nasihat mu .penyesalan ini hanya bisa aku rasakan .setelah ayah pergi untuk selama.a .aku slalu enggan ketika ayah suruh .bahkan ketika ayah ku pun sakit .aku masih keras kepala .astagfirullahhaladzim .ya allah .aku telah durhaka pada ayah ku .ayah ku sayang .namun hanya ada 1 sedikit rasa syukur ku .d saat2 terakhir ayah .aku memberikan baju batik yang ayah dan ibu ingin kan .walaupun sebelum memberikan.a .aku d marahin habis2an oleh ayah ku .karna pulang malam [jam9 mlm] .namun semua itu rasa.a kurang .andai aku tahu ayah akan pergi lebih dahulu .ayah ku sayang .bahkan d saat koma pun ayah memakai baju pemberian dari ku .ayah ku mengalami koma dari hari selasa .dan meninggal hari rabu pagi jam 3 .ketika hari minggu ayah bertanya pada ibuku "neng di mana???" "bapak hoyong pendak" "sing sukses,sing jadi jalma nu aya guna na" .mungkin itu kalimat terakhir yang ingin ia katakan pada ku .karna waktu itu aku sedang kuliah d tasikmalaya .selasa sore aku d jemput kakak ke dua ku .karna ayah ku ingin sekali bertemu dengan ku .ayah ku sayang .aku telah berada d sisimu .aku ada d sini untuk mu .namun,,,,,, .mata itu masih saja terpejam .hanya desahan nafas yang seperti.a berat .dan suara monitor pendeteksi denyut jantung dan darah .yang aku ingat begitu banyak selang yang d tempel kan d sekujur tubuh ayah ku .ayah................. .bukalah matamu .aku ada d sini..................... .ayah ku sayang .saat sakaratul maut .d ruang ICU ayah ku berada .begitu banyak orang menemani ayah .dan memang itu lah keinginan ayah .ayah ingin saat2 terakhir.a .ayah tidak sendiri menghadapi malaikat maut .semua.a membacakan kalimat tahlil "laailaaha illalaahh" .namun tak ada suara d sana .yang ku lihat hanya desahan nafas yang semakin lama .semakin berat .dan menghilang ketika waktu menunjukan pukul 03.00 WIB .ayah ku sayang .aku menangisi kepergian mu .semua orang bersedih atas kehilangan mu .aku tak sampai hati melihat wajah ibu ku .namun aku yakin .ayah pergi dengan tersenyum .ayah ku sayang .selamat tinggal................. .aku sangat menyayangi mu .aku akan slalu merindukan mu .bahkan aku slalu memimpikan mu .ya allah .ampuni semua dosa2 yang telah ayah perbuat .tempatkan lah ayah d sisi MU .hindarkan lah ayah ku dari siksa kubur .dan terima lah semua amal ibadah ayah ku .amin ya allah ya rabball alamin

2 komentar:

intan mengatakan...

ney.. aku suka sama artikelmu ini, aku sampe nangis. ayahku sekarang juga lagi di RS.doain ayah intan juga ya ney mudah-mudahan cepet sembuh

Hani Herlina mengatakan...

thanks say :'(
cepet sembuh yaaa
doakan terus keduaorangtua kita
rasa menyesal itu datang terlambat kawan